Cara Optimasi Akun Facebook Pribadi Untuk Berjualan

Cara Optimasi Akun Facebook Pribadi Untuk Berjualan

Setelah sebelumnya saya menulis tentang Cara Mencari Teman Tertarget di Facebook, hari ini mumpung saya lagi mood, akan saya lanjutkan dengan menulis Cara Mengoptimasi Akun Facebook Pribadi Anda untuk Berjualan.

Simak ya, tips tak berfaedah dari saya ini yang saya peroleh dari hasil googling, grup-grup distributor produk maupun grup-grup spammer, hehe..

Saya yakin teman-teman pebisnis online (OlShoper) sudah banyak mengetahui tips ini, entah diperoleh melalui Marketing Kit yang diberikan Distributor / Reseller produk yang dijualkan atau dari googling juga.

Tapi tak mengapa, saya tetap akan bahas disini karena tujuan saya menulis adalah sebagai catatan pribadi agar tidak lupa, dan siapa tahu ada yang masih membutuhkan atau tak sengaja nyasar di blog saya yang sederhana ini.

Sering saya menyimak di grup-grup pembelajaran orang bertanya, Kenapa status postinganku tidak ramai ?, Apalagi ketika jualan malah tidak ramai ?

Oke, berbicara soal Media Sosial, otomatis harus ada aktifitas sosial ya, jangan kita lupakan itu. Status yang ramai erat hubungannya dengan kepercayaan audience atau teman facebooknya.

Coba bayangkan kalau status kita sering ramai, kita berjualan Insha Allah akan sangat gampang memasarkan produk.

Tapi akan berbeda lagi kasusnya menurut pengamatan pribadi saya, jika di dunia offline/nyata kita sudah memiliki brand (nama/nama usaha yang sudah terkenal) maka jualan di media sosial pun akan terbilang mudah, bikin status pun akan selalu ramai.

Berikut saya buatkan ringkasan untuk Anda, Cara Optimasi Akun Facebook Pribadi untuk Berjualan sesuai pengetahuan saya. Ada 4 poin yang perlu kita perhatikan:

1. Teman Facebook

Lagi-lagi, teman yang sesuai dengan postingan kita atau tertarget, pasti akan memberikan interaksi tinggi apalagi konten-konten yang kita berikan sesuai dengan mereka. Sebelumnya sudah saya bahas ya di tulisan Cara Mencari Teman Tertarget di Facebook.

Nah sekarang, agar postingan kita ramai yang perlu diperhatikan adalah jumlah teman Facebook atau Follower, ini sangat mempengaruhi jangkauan dari postingan yang kita buat. Jadi rumusnya banyak teman semakin besar pula jangkauannya sehingga yang baca, like, dan komen akan semakin besar kemungkinannya.

Lalu, berapa banyak minimal teman agar statusnya ramai ?

Menurut beberapa pakar internet marketing, minimal kita punya teman 3000 orang, nah ayoo yang jumlah temannya masih di bawah itu segera add teman tertarget ya, minimal 20 orang saja per hari (agar tidak di blok Facebook)

2. Waktu Posting

Waktu posting sangat direkomendasikan oleh para pakar Facebook Marketing untuk posting status, karena jumlah pengguna Facebook yang online pada saat itu jauh lebih banyak dibanding waktu lainnya.

Berikut waktunya:

  • Jam 6-8 Pagi – Pagi hari sebelum mulai beraktifitas adalah waktu yang cukup efektif untuk berinteraksi di Facebook. Di jam ini orang biasanya pada buka akun Facebook mereka meskipun hanya sekedar untuk cek notifikasi atau baca status teman-teman mereka.
  • Jam 12-01 Siang – Pada jam makan siang juga sangat direkomendasikan untuk posting status, karena jumlah pengguna Facebook yang online di jam ini akan meningkat tajam, kecuali hari libur.
  • Jam 05-06 Sore – Seluruh karyawan sudah pulang kantor di jam ini, sementara buat yang di rumah, mereka biasanya sudah mulai santai setelah seharian sibuk dengan rutinitasnya.
  • Jam 07-09 Malam – Pada jam ini hampir semua orang sudah berada di rumahnya masing-masing dan kegiatan favorit mereka tidak lain dan tidak bukan adalah membuka Facebook.

Dari waktu tersebut kita bisa posting secara konsisten dan mencari mana jam yang tepat untuk teman Facebook. Nanti akan kelihatan sendiri.

3. Tips Membuat Postingan

Dalam membuat postingan / status, kita tidak bisa asal membuat begitu saja, ada aturannya. Contoh, dalam membuat sebuah postingan kita harus menggunakan kalimat yang mudah dimengerti semua orang, jangan hanya kita dan Tuhan saja yang mengerti. Hehe..

Panjang tulisan juga harus diperhatikan, karena menurut penelitian, postingan dengan jumlah kata tertentu ternyata lebih menarik di mata para pengguna Facebook.

Contoh seperti di bawah ini:

  • Buat status yang ringkas atau langsung ke poinnya (jangan bertele-tele kalau memang belum bisa membuat Story Telling)
  • Posting secara konsisten satu minggu minimal 10 karena¬†Lebih baik kita posting satu kali sehari rutin selama seminggu daripada posting tujuh kali dalam satu hari, namun 6 hari berikutnya tidak pernah posting lagi.
  • Gunakan emoticon atau gambar yang sesuai
  • Buat kuiz atau info yang mungkin teman facebook antusias (kalau ada uang lebih bisa give away)

Yang menjadi masalahnya kita kan buat jualan, terus bagaimana ?

Untuk jualannya dalam sehari cukup 2 kali saja.

Jangan berharap akan langsung ramai, perlahan dan konsisten Insha Allah nantinya akan ramai. Dijamin..hehe.

Tapi kebanyakan ketika mereka sudah posting konsisten dan ramai, kenapa pas jualan sepi ? Kebanyakan kita pasti seperti itu.

Solusinya adalah, ketika posting jualan jangan terlalu serius. Gunakan kata-kata pemancing seperti ini:

“Siapa coba yang suka warna pink? Coba komen warna kesukaan..”¬†Sambil upload produk warna pink secara tidak langsung kita sedang berinteraksi dan jualan.

atau dengan kata-kata yang sedang viral

“Jangan ikutan #10YearsChallenge.. Kalau tampilannya pakai Gamis KW ya.. hihi.. Merasa muda gak kalau liat foto 10 tahun lalu ? hehe”

4. Hukum Timbal Balik

Maunya sih dikomenin dan dilike banyak orang TAPI gak mau komen like postingan teman fb nya.

Nah, kunci ini sangat penting, jadi jangan sampai postingan kita ingin ramai tapi jarang berinteraksi seperti like komen postingan orang lain.

Bersikap SKSD (Sok Kenal Sok Dekat) tidak dilarang di dunia internet. Asalkan sesuai etika karena dengan teman juga kita perlu PDKT agar mereka tidak malu untuk komen status kita atau sebaliknya.

Boleh juga inbox setiap add teman baru, kenalan, berinteraksi dan akhirnya dijuali hehe..

Kalau bisa buat schedule atau jadwalkan waktu untuk kepo status orang lain, komen dan like ya.

Bagaimana, mudah bukan ? Iya, mudah.. tapi saya sendiri sulit untuk prakteknya karena belum bisa fokus. hehe..

Oke, cukup dulu ya share untuk hari ini.

Oh iya, tulisan ini saya salin dari dari Grup WA salah satu produk herbal di Bandung yang ditulis oleh admin nya. Tapi sudah saya edit dan tambahin sedikit-sedikit agar lebih mudah dipahami. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *